Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus menjanjikan kedatangan Roh Kebenaran. Roh itulah yang akan menuntun para murid kepada seluruh kebenaran (bdk. Yoh. 16:13). Roh itu ada dalam satu kesatuan wujud dengan Bapa dan Putera. Maka kebenaran yang dinyatakan oleh Roh itu adalah kebenaran yang bersumber dari persekutuan Ilahi ini. Kepada para murid-Nya, Yesus berkata: “segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku” (Yoh. 16:15).
Bila hari ini kita merayakan Hari Raya Tritunggal Maha Kudus, maka kita diperhadapkan dengan pengakuan iman Gereja tentang Misteri Allah Tritunggal: Bapa, Putera dan Roh Kudus. Misteri itu berkenaan dengan “pernyataan kasih Allah” bagi manusia secara luar biasa. Penghayatan iman Gereja menunjukan bahwa misteri kasih itu bersumber dari Allah sebagai Bapa bagi manusia, dinyatakan dalam diri Yesus sebagai Sang Putera yang datang untuk menyelamatkan semua orang. Kasih Allah itu menjiwai hidup manusia sepanjang masa dalam rupa Roh Kudus.
Dengan demikian, pengakuan Gereja tentang Allah Tritungal, bukan hanya menunjuk pada kebesaran kasih Allah bagi manusia. Lebih dari pada itu, pemenuhan janji Yesus kepada para muri-Nya tentang kedatangan Roh Kudus di dalam Injil hari ini, perlu dihayati pula sebagai “pernyataan kasih Allah yang tak akan pernah berkesudahan”. Dalam dan memlalui Roh Kudus, kasih Allah mengalir tak henti bagi orang yang percaya kepada-Nya.

Selamat merayakan Hari Raya Tritunggal Maha Kudus.
Semoga kita semua hidup dalam kelimpahan kasih Tuhan.

 

942368_10200633265748437_294236016_n

About MIK'ers admin. Katolik Roma

Katolik Roma Vatikan City. Kami meyakini bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang direncanakan oleh Tuhan Allah, didirikan oleh Yesus Kristus Putera-Nya, dan dikuduskan terus menerus oleh Roh Kudus. Dan sesuai dengan amanat Yesus sendiri, Gereja Katolik menjadi "sakramen keselamatan" bagi seluruh bangsa. Setiap anggota Gereja telah dibekali dengan Roh Kristus yang memampukannya untuk hidup kudus dan yang menghantarkannya kepada keselamatan dan kehidupan yang kekal .

One response »

  1. Iman Katolik mengatakan:

    […] SARI WARTA INJIL Hari Ini: Minggu Pekan Biasa VIII, Hari Raya Tritunggal Maha Kudus. Bacan Liturgi: … 28 Mei 2013 […]

Terima kasih telah membaca artikel blog ini !! Jangan lupa tinggalkan komentarnya pada artikel yang di baca.. God Bless You.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s