Dalam doa-Nya, Yesus bukan hanya memohonan kesatuan bagi para rasul-Nya, tetapi juga bagi semua orang yang percaya kepada-Yesus, karena perwartaan para rasul (bdk. Yoh. 17:20). Berulang kali Yesus menyatakan kehenda-Nya, agar Kesatuan Ilahi yang dijiwai oleh cinta kasih antara Dia dengan Bapa-Nya, bukan hanya menjadi model, tetapi sunguh-sungguh nyata dalam kehidupan para murid. Ikatan itu sudah ada sebelum dunia dijadikan. Gagasan dasar dalam doa Yesus ini menghantar Santo Agustinus hingga tiba pada sebuah keyakinan bahwa yang dimaksudkan oleh Yesus dengan ‘relasi cinta abadi’ antara Bapa dan Putera adalah Roh Kudus.

Mengikuti keyakinan Santo Agustinus, kita berdoa bersama Yesus memohonkan kehadiran Roh Kudus itu menjiwai kehidupan kita. Harapan Yesus akan kesatuan hidup para murid akan terwujud, bila kita benar-benar hidup di dalam Roh itu. Tanda bahwa kita sungguh-sungguh hidup di dalam Roh adalah ketika kita saling mengasihi satu dengan yang lain. Cinta kasih itu menyatukan, bukan sebaliknya. Ketika ada perselisihan, pertikaian, amarah, dendam, dll., menguasai hidup kita, itu tanda bahwa kita tidak hidup dalam Roh Kudus.

Maka, dalam Doa Novena hari ini, bersama Yesus kita mohonkan: “Datanglah Roh Kudus. Penuhilah hati umat-Mu, dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu”.

 

561276_268584409913542_1877809777_n

About MIK'ers admin. Katolik Roma

Katolik Roma Vatikan City. Kami meyakini bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang direncanakan oleh Tuhan Allah, didirikan oleh Yesus Kristus Putera-Nya, dan dikuduskan terus menerus oleh Roh Kudus. Dan sesuai dengan amanat Yesus sendiri, Gereja Katolik menjadi "sakramen keselamatan" bagi seluruh bangsa. Setiap anggota Gereja telah dibekali dengan Roh Kristus yang memampukannya untuk hidup kudus dan yang menghantarkannya kepada keselamatan dan kehidupan yang kekal .

Terima kasih telah membaca artikel blog ini !! Jangan lupa tinggalkan komentarnya pada artikel yang di baca.. God Bless You.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s