Yoh 17: 11b – 19

Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua muridNya,” Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku.Aku telah menjaga mereka, dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.
Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia.Dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.”

Yesus tidak hanya mendoakan para pengikutNya tetapi juga memberikan peneguhan dalam penderitaan. Sama seperti dunia tidak menerima Yesus dan membenciNya karena perbuatan baik dan tawaran keselamatan yang dibawaNya, demikian juga dunia akan menolak pengikutNya.
Namun, walaupun ditolak dan dibenci , bahkan dianiaya hingga wafat di kayu salib, Yesus tidak melawan sedikitpun apalagi membalas dendam. Sebaliknya menjelang wafatNya di kayu salib, Ia mengampuni musuh-musuhNya. Yesus mengalahkan dunia bukan dengan kekerasan tetapi dengan kelemahlembutan. Kebencian dihadapi dengan cinta kasih, dan penolakan dijawabNya dengan pengampunan.

Kepada BapaNya,Yesus berdoa agar para pengikutNya dipelihara, disatukan, dipenuhi sukacita, dilindungi dan dikuduskan dalam kebenaran , sehingga kita dapat sabar dalam menghadapi berbagai cobaan, tekun dan setia mewartakan kabar gembira, mempunyai iman yang teguh, dan hati yang mau mengampuni. Di atas semua itu, kunci untuk melawan dan menaklukkan dunia adalah memiliki hati yang penuh cinta kasih bagi sesama.

Tuhan Yesus, terima kasih untuk doaMu yang meneguhkan dan menguatkan kami, terutama dalam menghadapi penolakan dan tantangan dunia karena namaMu.

 

CHRIST

About MIK'ers admin. Katolik Roma

Katolik Roma Vatikan City. Kami meyakini bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang direncanakan oleh Tuhan Allah, didirikan oleh Yesus Kristus Putera-Nya, dan dikuduskan terus menerus oleh Roh Kudus. Dan sesuai dengan amanat Yesus sendiri, Gereja Katolik menjadi "sakramen keselamatan" bagi seluruh bangsa. Setiap anggota Gereja telah dibekali dengan Roh Kristus yang memampukannya untuk hidup kudus dan yang menghantarkannya kepada keselamatan dan kehidupan yang kekal .

Terima kasih telah membaca artikel blog ini !! Jangan lupa tinggalkan komentarnya pada artikel yang di baca.. God Bless You.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s