Ruang Katekese dan Informasi penting tentang iman dan Gereja Katolik.

“KUTULISKAN INI AGAR ANDA PUN TAHU.”

SIAPA PENDIRI AGAMAMU? Seorang Protestan bilang; Bapa pendiri gerejaku adalah MARTIN LUHTER; Seorang sekte Marmons bilg: Pendiriku, JOSEPH SMITH; Methodisku: “JOHN WESLEY”; Anglikan; “Raja HENRY VIII”; Gereja Babtis: “JOHN SMITH”; Jehova: “CHARLES TAZE RUSELL”. Apa jawabanmu sebagai seorang Katolik? Siapa pendiri gerejamu?

1. PROTESTAN.

Didirikan oleh MARTIN LUTHER yang adalah mantan pastor, pengikut St. Agustinus. (penjelasan tentangnya sudah ada dalam bagian lain, tetapi apa yang mau saya tambahkan adalah karena protes yang keras terhadap gereja maka para pengikut Luther menamakan diri PROTESTAN (Para pemrotes terhadap gereja Katolik).

Inti ajarannya adalah “Sola Scriptura (hanya Kitab Suci) dan Sola Fide” (hanya Iman). Artinya, hanya Kitab Suci sebagai dasar iman dan hanya imanlah yang menjadi dasar keselamatan. Akibatnya, terhadap Surat rasul Yakobus yang mengatakan bahwa “Iman tanpa perbuatan adalah mati” adalah sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Martin Luther, tapi anehnya, kitab itu tak bisa dikeluarkan dari Kitab Suci yang diakui oleh kaum Protestan.

Ajaran selanjutnya adalah “Sola gratia” (hanya rahmat); keselamatan bukan tergantung pada usaha manusia melainkan hanya dari rahmat dan belas kasihan Allah. karena itu, percaya saja (memiliki iman) yan berdasarkan Kitab Suci saja sudah menjamin keselamatan. hal ini sangat bertolak belakang dengan ajaran Katolik. Menurut ajaran Katolik, rahmat tetap penting tapi keselamatan adalah soal perjuangan pribadi setiap orang. Mungkin kalimat ini bisa menjelaskan maksudku; “KETIKA ALLAH MENCIPTAKANMU IA TAK PERNAH BERTANYA, SEPERTI APAKAH ENGKAU ATAU DALAM KELUARGA MANA DAN DIMANA ENGKAU HARUS LAHIR, TETAPI KETIKA IA MAU MENYELAMATKANMU (RAHMAT) MAKA IA HARUS BERTANYA KEPADAMU, APAKAH ANDA MAU DISELAMATKAN? Ajaran ini menekankan betapa kebebasan manusia sangat dihargai oleh Allah. Jika kebebasan tidak dihargai dan sangat menentukan dalam menggapai keselamatan, maka sharusnya Allah tidak perlu memberikan kebebasan keapda manusia, karena keselamatan otomatis diterima ketika kita percaya kepada-Nya.

2. MARMONS

Sekte Protestan ini didirikan oleh JOSEP SMITH pada tanggal 6 April 1830. Dia mengklaim gerejanya sebagai gereja yang benar karena ia dikirim oleh Allah untuk mendirikan gereja baru karena yang lama telah dinodai dengan berbagai praktek yang menyimpang dari ajaran Yesus.

Karena itu, hanya mereka yang percaya kepada Injil dan ajaran Marmonslah yang akan diselamatakan. Menurutnya, Jerusalem baru akan didirikan di Amerika. Gerejanya mengizinkan poligami. Dalam perkembangan lanjutnya, penggati JOSEP SMITT, BRINGHAM YOUNG memiliki 27 istri dan 52 anak. Skarang, gereja ini sudah terbagi lagi dalam beberapa sekte baru.

3. Agama METHODIS.

Didirikan oleh dua orang di Ingris, yakni: JOHN WESLEY (1703-1791) dan CHARLES WESLEY (1707-1788). Keduanya keluar dari keanggotaannya dari gereja Anglikan dan mendirikan agama tersebut.

4. Agama ANGLIKAN

Didirikan oleh Raja Henry VIII di Ingris ketika Paus Klemens VII menolak memberikan dukungan atas tindakan perzinahannya dengan menikahi Anne Boleyn sebagai istri kedua. Setelah memproklamirkan diri sebagai pendiri gereja baru, ia kemudian mengambil lagi beberapa wanita menjadi istrinya (ada 6 istri resmi).

5. Agama BABTIS.

Gereja ini didirikan di Ingris oleh JOHN SMITT, seorang pelayan Anglikan pada tahun 1554-1612. Dalam perkembangan lanjutnya, gereja yang sama (dalam ajaran teologinya) didirikan lagi oleh ROGER WILLIAM pada tahun 1639 di Amerika. Mereka mengklaim diri sebagai agama asli dari Yohanes Pembabtis.

6. JEHOVA

Sekte ini didirikan pada tahun 1874 oleh CHARLES TAZE RUSELL, yang lahir di Pittsburg, USA. Gereja ini diubah namanya beberapa kali sampai pada nama finalnya, yakni JEHOVA (SAKSI2 JEHOVA). Dia mengklaim diri sebagai malaikat utusan Allah. Malaikat ini meninggal pada tahun 1916 dalam sebuah kecelakaan kereta api.

7. Agama ADVENT HARI KETUJUH

Gereja ini didirikan oleh JAMES dan ELLEN WHITE, di Michigan, USA. Hari resmi sembayang adalah hari SABTU. Mereka menerima Injil hanya sebagai sebuah teori, sedangkan mereka melihat ajaran Ellen sebagai “Pemberian kenabian” dari Allah.

Pertanyaan untuk jiwa mudamu:

1. SIAPA PENDIRI AGAMAMU; dan

2. ATAS DASAR APAKAH ENGKAU MENGATAKAN BAHWA DIALAH YANG MENDIRIKAN AGAMAMU?

1). Pa Steven, Dimas dan teman-teman sudah memberikan pendasarannya secara bagus dalam posting mereka;

2). Kita bisa meyimpulkan secara singkat begini: Inilah Gereja (Katolik) yang didirikan oleh Yesus di atas batu karang Petrus… pada tahun 33M;

3). Gereja inilah (Katolik) yang menciptakan Kitab Suci (mengumpulkan dan menyeleksi menjadi Kitab Suci seperti sekarang ini);

4). Semua gereja lain didirikan oleh tangan manusia yang menerjemahkan isi Kitab Suci yang telah diciptakan oleh Gereja Katolik;

5). Menerima primat (kuasa Petrus) adalah ajaran jelas dalam Kitab Suci agar umat kristen tidak bingung dengan segala sesuatu yang menyerangnya, melainkn memiliki kuasa yang memutuskan mana yang harus dipakai dan mana yang harus dibuang. Itu nyata dalam menyeleksi Kitab Suci;

6) Inilah Gereja (Katolik) meneruskan tradisi para Rasul, mulai dari Petrus dan teman-temannya sampai skarang ini dengan keanggotaan mencakup seluruh manusia di seluruh dunia/universal dan bukan lokal;

7). Jalan kepada keselamatan adalah hanya lewat Jesus dan Yesus senantiasa ada dalam Gereja yang didirikannya, yakni Gereja Katolik;

 dan akhirnya, Gereja yang didirikan oleh Yesus adalah gereja yang tetap memelihara Yesus di dalamnya, yakni dalam EKRISTI KUDUS
9). PENDASARAN ALKITAB DIKATAKAN: Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
10). kata “jemaat-Ku” yang dipakai, sebenarnya berasal dari terjemahan Kitab Suci keluaran LAI dan diterima juga oleh LBI tetapi kalau ditelusuri lebih jauh lagi teks Kitab Suci ini diterjemahkan dari kitab suci berbahasa Yunani yang teks aslinya menggunakan kata GEREJA-KU (ECCLESIA).

Karena itu, benarlah DIsimpulkan: HANYA GEREJA KATOLIK-lah yang disebut GEREJA KRISTUS.

About MIK'ers admin. Katolik Roma

Katolik Roma Vatikan City. Kami meyakini bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang direncanakan oleh Tuhan Allah, didirikan oleh Yesus Kristus Putera-Nya, dan dikuduskan terus menerus oleh Roh Kudus. Dan sesuai dengan amanat Yesus sendiri, Gereja Katolik menjadi "sakramen keselamatan" bagi seluruh bangsa. Setiap anggota Gereja telah dibekali dengan Roh Kristus yang memampukannya untuk hidup kudus dan yang menghantarkannya kepada keselamatan dan kehidupan yang kekal .

Terima kasih telah membaca artikel blog ini !! Jangan lupa tinggalkan komentarnya pada artikel yang di baca.. God Bless You.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s