Misa sementara berlangsung, tiba-tiba masuk dan duduklah seorang lelaki yang umurnya berkisar antara 35-40. Dari gelagaknya, kutahu bahwa mungkin dia sedang stress berat (yang kemudian diberitahu oleh umat setelah misa bahwa orangnya “kurang waras”).

Ia pun mengikuti Misa dengan khusyuknya; menyanyi, berdiri dan berlutut seperti umat yang lain mengikuti aturan liturgi Bunda Gereja.

Pada waktu doa “Bapa Kami” dinyanyikan tiba-tiba ia berpindah dari kursi paling belakang ke depan, dekat altar di kursi paling depan. Ia pun ikut menyanyi “doa Bapa Kami” dalam bahasa Tagalog tapi tidak ada satu kata pun yang tepat diucapkannya, hanya suara seperti mendengung dibuat mengikuti umat lain yang sedang menyanyi (Maklum tidak ada musik jadi suaranya seperti musik yang mengiringi lagu doa Bapa kami).

Pada saat salam damai…menurut kebiasaan orang Filipina umat saling menunduk empat arah, muka-belakang, kiri-kanan. Akan tetapi, lelaki ini melakukan salam damai yang lain dengan cara menyalami semua umat yang hadir sekitar 30 orang dengan jabatan tangan, seakan ia menyatakan: “SAUDARA, KUBAWA DAMAI TUHAN UNTUKMU LEWAT JABATAN TANGANKU.” Demikian pun pada saat komuni, ia datang terakhir menerima komuni dengan khusyuk…senyum yang menghiasi wajahnya seakan mengatakan bahwa “jiwaku tenang dan damai karena di sana ada Tuhanku.”

Aku hanya berdoa semoga Tuhan yang telah menyembuhkan si wanita yang sakit pendarahan dan anak Jairus menjamah lelaki yang kudus hatinya ini.

Ya Tuhan, telah kubiarkan ia berada bersama-Mu di rumah-Mu, karena sesungguhnya aku hanya menjadi perantara yang Kau undang untuk membagi “Tubuh dan Darah-Mu kepada umat-Mu.

Goresan hati seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong***485345_606127659413212_254766556_n

About MIK'ers admin. Katolik Roma

Katolik Roma Vatikan City. Kami meyakini bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang direncanakan oleh Tuhan Allah, didirikan oleh Yesus Kristus Putera-Nya, dan dikuduskan terus menerus oleh Roh Kudus. Dan sesuai dengan amanat Yesus sendiri, Gereja Katolik menjadi "sakramen keselamatan" bagi seluruh bangsa. Setiap anggota Gereja telah dibekali dengan Roh Kristus yang memampukannya untuk hidup kudus dan yang menghantarkannya kepada keselamatan dan kehidupan yang kekal .

Terima kasih telah membaca artikel blog ini !! Jangan lupa tinggalkan komentarnya pada artikel yang di baca.. God Bless You.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s